Jumat, 11 Desember 2009

Sistem Radio Rusak, Garuda 3 Kali Delay

Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 652 tujuan Denpasar-Timika mengalami gangguan pada sistem radio jarak jauh, Senin dini hari pukul 02.00 Wib. AKibatnya pesawat harus mengalami penundaan pemberangkatan hingga tiga kali, seperti yang dilaporkan penumpang Garuda di Denpasar Bali.

Saat di konfirmasi, Humas Garuda Indonesia, Pujobroto menyatakan, pesawat hanya mengalami gangguan radio jarak jauh, tanpa mengalami gangguan mesin apapun.

"Pesawat berangkat dari Jakarta menuju Timika, namun saat transit di Bali, pesawat diketahui mengalami gangguan pada sistem radio jarak jauh, tepatnya pada alat komunikasi untuk berhubungan dengan air traffic controller. Sehingga perjalanan ke Timika harus tertunda," kata Pukobroto saat dihubungi, Senin, 7 Desember 2009.

Dijelaskan Pujobroto, sistem radio jarak jauh merupakan kategori "no-go item", yaitu mengingat peralatan tersebut sangat penting fungsinya (untuk berhubungan/berkomunikasi dengan air traffic controller).

"Maka peralatan tersebut harus benar-benar dapat berfungsi atau berada dalam keadaan baik, dan apabila mengalami gangguan maka pesawat tidak diijinkan untuk berangkat," ujarnya.

Pentingnya alat radio udara itu, menurut Pujobroto sebagai salah satu syarat penerbangan bisa dilanjutkan, tanpa alat itu, pesawat tidak diijinkan terbang.

"Karena itu, kami mohon maaf atas ketidak nyawamanan ini, dan sebagai kompensasinya Garuda memberikan tempat istirahat kepada penumpang di sebuah hotel, di hotel Grand Bali Beach dan Boutique Hotel termasuk disediakan makan malam, makan pagi,"

Adapun jumlah penumpang Garuda saat terjadi delay sebanyak 132 orang, 14 kelas bisnis dan 118 kelas ekonomi atau load factor mencapai 99 persen. (Viva news.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar