Selasa, 15 Desember 2009

Rusia Tunda Penerbangan Pesawat Tempur Baru

Rusia akan menunda penerbangan perdana pesawat tempur generasi-kelima hingga 2010, kata Wakil Perdana Menteri Sergei Ivanov seperti dilaporkan kantor berita pemerintah RIA, Selasa dan dikutip Reuters.

Pemerintah dan para pejabat industri Rusia telah berulang kali menyatakan pesawat perang itu, yang dianggap sebagai tantangan Moskow terhadap pesawat tempur Raptor buatan-AS, akan melakukan penerbangan pertamanya pada akhir 2009.

"Penerbangan uji coba akan dimulai pada 2010," tegas Ivanov, yang mengawasi kompleks industri militer Rusia, kepada wartawan dalam kunjungan ke pusat industri pertahanan di Gunung Ural.

Pesawat tempur generasi-kelima itu dirancang dan dibuat oleh pabrik pesawat militer dan sipil Sukhoi.

Sukhoi adalah pengeksport terbesar pesawat militer Rusia, yang bertanggung jawab atas seperempat dari penjualan senjata tahunan Rusia dan memiliki catatan pesanan luar negeri senilai miliaran dolar AS.India adalah langganan pentingnya.

Angkatan udara Rusia, yang pernah hebat, sangat memerlukan pesawat baru karena banyak dari pesawat buatan-Rusia telah tua dan tidak aman.

Pusat untuk Analisis Strategi dan Teknologi (CAST), yang bermarkas di Moskow, mengatakan kemungkinan penangguhan dalam penerbangan pertama dari pesawat tempur baru itu memiliki arti pada diri mereka.

Hal yang lebih penting adalah bahwa dapat ada sedikit-dikitnya 10 tahun antara penerbangan pertama prototipe itu dan dimulainya produksi komersial, tegas CAST.

Jet generasi-kelima, seperti pesawat siluman Raptor F-22, mampu untuk menghindari radar dan digembar-gemborkan sebagai "cerdas" dalam penerbangan serta memiliki sistem kendali senjata dan kecepatan jelajah supersonik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar