Sabtu, 26 Desember 2009

2 Mesin Jet Tempur Malaysia Dilacak ke Argentina

Dua mesin pesawat tempur milik Angkatan Udara Malaysia yang dilaporkan hilang dari pangkalan militer, dikabarkan berada di Argentina.


Keberadaan dua mesin senilai USD29 juta atau sekira RP275 itu masih terus dilacak apakah masih berada di negara Amerika Latin itu. Kepala Polisi Malaysia, Musa Hasan, menyatakan pihaknya kini masih berkoordinasi dengan Buenos Aires untuk memastikan keberadaan mesin pesawat tempur F-5E itu.

"Mesin yang dicuri tersebut telah berpindah ke Argentina. Kami masih terus lakukan pengecekan jika mesin itu masih ada disana." ungkap Musa, seperti dikutip AFP, Kamis (24/12/2009).

Pencurian itu telah terjadi lebih dari setahun lalu, saat sedang menjalani perbaikan. Namun baru diketahui publik setelah surat kabar The New Straits Times melaporkannya pada 19 Desember lalu.

Beberapa pimpinan Angkatan Udara Malaysia termasuk seorang jenderal telah dimintai keterangan. Sementara itu, empat orang termasuk tiga berpangkat rendah di jajaran Angkatan Udara Malaysia, telah ditangkap tindakan yang telah mencemarkan nama baik jajaran militer Negeri Jiran tersebut.

Pemerintah Malaysia terus mendapatkan kritikan keras atas kasus ini, termasuk tuduhan korupsi di kalangan pejabat yang diduga terlibat dalam kasus ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar