Jumat, 11 Desember 2009

Pesawat Normal, Garuda Diizinkan Terbang

Pesawat Garuda Indonesia boeing 737-400 nomor penerbangan GA 652 yang mengalami gangguan pada pukul 02.00 dini hari waktu Denpasar Bali, sudah normal kembali dan posawat sudah diberangkatkan pukul 10.00 Wib.

"Alat yang didatangkan dari Jakarta tiba pukul 08.50 di Denpasar, lalu pengerjaan membutuhkan waktu 30 menit," kata Humas Garuda Indonesia Pujobroto.

Saat ini, lanjut Pujobroto pesawat sudah selesai diperbaiki (dilaksanakan penggantian sistem radio-nya) dan para penumpang saat ini dalam proses "boarding" (naik ke pesawat) untuk berangkat menuju Timika.

Selama menunggu kedatangan sparepart dan perbaikan yg dilaksanakan, Garuda membawa seluruh penumpang untuk beristirahat di hotel Grand Bali Beach dan Boutique Hotel termasuk disediakan makan malam, makan pagi, dan kemudahan untuk melakukan komunikasi/ telekomunikasi.

Sebelumnya, Pesawat Garuda, GA 652 dengan rute Jakarta - Denpasar - Timika berangkat dari Jakarta pukul 23.25. Saat transit di Bali pukul 02.00, pesawat harus menjalani perbaikan pada sistem radio jarak jauh.

Sistem radio jarak jauh merupakan kategori "no-go item", yaitu bahwa mengingat peralatan tersebut sangat penting fungsinya (untuk berhubungan/berkomunikasi dengan air traffic controller).

Maka peralatan tersebut harus benar-benar dapat berfungsi atau berada dalam keadaan baik, dan apabila mengalami gangguan maka pesawat tidak diijinkan untuk berangkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar