Sabtu, 26 Desember 2009

Permintaan Ekstra Flight Membeludak

Liburan Natal dan Tahun Baru benar-benar menjadi masa panen bagi maskapai penerbangan. Indikasinya, hingga Selasa, 22 Desember kemarin, Departemen Perhubungan telah menerima permintaan penerbangan tambahan atau extra flight sebanyak 163, yang terdiri dari 86 penerbangan ekstra untuk rute domestik dan 77 penerbangan ekstra rute internasional.

Direktur Angkutan Udara, Dephub Tri S. Sunoko mengatakan, permintaan itu antara lain datang dari Mandala Airlines, Indonesia air Transport (IAT), Merpati Nusantara Airlines (MNA), dan Wings Air. Mandala, misalnya, meminta tambahan untuk Jakarta-Surabaya dua kali, Surabaya-Denpasar dua kali. Sedang IAT mengajukan permohonan tambahan rute Denpasar-Labuhanbajo lima kali dan Wings Air untuk rute Ambon-Fak-Fak sebanyak satu kali.

Merpati menjadi maskapai yang meminta tambahan penerbangan terbanyak. Di antaranya rute Medan-Sinabang dua kali, Medan-Sibolga sekali, Denpasar-Mataram 12 kali, Jayapura-Biak 10 kali, Biak-Ujung Pandang 10 kali, Ujung Pandang-Cengkareng lima kali, Surabaya-Ujung Pandang 10 kali, dan Surabaya-Denpasar 10 kali.

Sementara untuk rute internasional, Lion Air menambah untuk rute Jakarta-Singapura 36 kali dan China Air menambah rute Cengkareng-Hongkong-Taipei 8 kali. Adapun Cathay Pacific menambah rute Surabaya-Hongkong dua kali dan Cengkareng-Hongkong empat kali.

Head of Corporate Communication Mandala Trisia Megawati KD bilang, Dephub telah menyetujui permohonan exstra flight Mandala. "Penambahan kursinya 4.320," ujarnya. Adapun penambahan kapasitas kursi untuk rute internasional 28.842 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar