Senin, 04 Januari 2010

Rencana Perluasan Adisucipto

Yogyakarta - Angkasa Pura I (AP I) berencana mempeluas bandara Adisucipto, Yogyakarta dari yang seluas 7,800 m2 menjadi 18,000 m2. Dengan perluasan tersebut daya tampung akan meningkat menjadi 2,5 juta penumpang dibandingkan saat ini yang berkisar sebanyak 1 juta penumpang per tahun.
Bahkan dengan daya tampung sebesar 2,5 juta penumpang masih dirasakan sangat kurang mengingat arus penumpang mencapai 3 juta penumpang per tahun. Ini disebabkan bandara Adisucipto tidak hanya melayani untuk penumpang asal Yogyakarta saja melainkan dari kota-kota sekitarnya seperti Solo, Purwokerto, Magelang, dan Klaten.Menurut Manajer Operasional AP I, Halendra, pada bulan Januari 2010 akan segera melakukan tender untuk mengerjakan proyek ini yang akan memakan anggaran Rp.160 milyar.
Selain AP I, Departemen Perhubungan juga akan memperbaiki fasilitas bandara Adisucipto yaitu menambah panjang landas pacu dari 2,200 m menjadi 2,500 m dan menambah daya tampung areal parkir dari delapan menjadi sepuluh pesawat. Berbeda dengan rencana AP I, biaya untuk pembangunannya tidak dari tender melainkan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar